CONTOH KERANGKA USULAN RENCANA KERJA PENELITIAN
CONTOH KERANGKA USULAN
RENCANA KERJA PENELITIAN
Penyusunan kerangka usulan
penelitian (rencana kerja) penelitian mencakup :
a. Tema/
Judul penelitian yang akan dilakukan.
b. Latar
belakang yang menjelaskan mengapa berminat
melakukan penelitian.
c. Penjelasan kerangka teori atau
kerangka berpikir yang akan digunakan dalam penelitian.
d. Dimensi/
Variabel yang akan diteliti, dan
penjelasan rinci apa yang maksud dari masing-masing
Variabel. Paling sedikit harus mencakup 3 variabel/ dimensi.
e. Penjelasan pendekatan/ metode
penelitian apa yang akan digunakan, dan alasan mengapa pendekatan
tersebut yang dipilih. Jelaskan juga apa kekuatan dan kelemahan pendekatan/ metode
yang dipilih dalam kasus penelitian.
f. Penjelasan apa dan siapa yang
akan digunakan sebagai sumber
informasi dan jelaskan mengapa.
a.
Judul/
Tema Penelitian
Tingkat Kesiapan
Sarana Prasarana dan Guru di SDN Telempong Kecamatan Banyuglugur Kabupaten
Situbondo dalam Menyongsong Penerapan Kurikulum 2013 pada Tahun 2019.
b.
Latar
Belakang Penelitian
Rencana Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penundaan penerapan
kurikulum 2013 di sejumlah daerah yang ditetapkan oleh Menteri Anies Baswedan pada
periode masih menjabat yang dilandasi adanya kondisi dan situasi yang belum
siap pada banyak daerah yang belum siap terutama pada bagian sarana prasarana
dan sumber daya manusia (guru).
Kondisi faktual yang telah terjadi di Sekolah Dasar Negeri Telempong dan
semua sekolah dasar dan sederajat yang ada dalam lingkup kabupaten Situbondo
sebenarnya telah melaksanakan penerapan kurikulum 2013 sejak pertama kali
kurikulum 2013 ini digulirkan. Namun demikian, pada prakteknya beberapa kendala
masih terjadi dalam proses pelaksanaanya, tidak terkecuali kendala yang
berhubungan dengan sarana prasarana dan sumberdaya manusia guru. Hal ini
menjadi alasan utama penelitian mengenai kesiapan sekolah terkait sarana
prasarana dan sumber daya manusia guru perlu dilakukan penelitian.
Sedikit berbeda dengan tujuan penelitian yang dilakukan terhadap
lembaga-lembaga pendidikan yang berada di daerah-daerah yang belum
memberlakukan penerapan kurikulum 2013 sejak awal, pada penelitian yang akan
saya laksanakan ini bertujuan untuk memberikan koreksi terhadap pelaksanaan
pemberlakuan kurikulum 2013 pada lembaga-lembaga pendidikan di lingkup
kabupaten Situbondo dalam kaitannya terhadap pemberlakuan kurikulum 2013 secara
massif dan menyeluruh di seluruh daerah di negara kita pada tahun 2019.
c.
Kerangka
Teori/ Kerangka Berpikir
Menurut Lampiran
Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasrana Sekolah/
Madrasah, menyebutkan bahwa sebuah SD/MI sekurang-kurangnya memiliki prasaran
dasar ruang kelas, ruang perpustakaan,
laboratorium IPA, ruang pimpinan, ruang guru, tempat beribadah, ruang
UKS, jamban, gudang, ruang sirkulasi, dan tempat bermain/ berolahraga.
Di dalam prasarana yang
telah disebutkan di atas, harus terpenuhi sarana yang memadai berupa alat-alat
yang mendukung keseluruhan proses pembelajaran di sekolah terkait.
Ketentuan-ketentuan atau standarnya juga telah diatur dalam permendiknas yang
sama.
Kesiapan guru erat kaitannya
dengan tujuan pendidikan yang hendak dicapai oleh pendidikan di Indonesia,
seperti yang disebutkan dalam undang-undang sisdiknas nomor 20 tahun 2003 yang
mengamanahkan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan kemampuan
dan membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa yang bertujuan untuk mengembangkan potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tingkat kesiapan sumber daya manusia pendidikan dalam
hal ini guru juga dapat dikaji berdasarkan pada beberapa kompetensi yang harus
dimiliki oleh guru sesuai dengan yang disebutkan dalam undang-undang guru dan
dosen nomor 14 tahun 2005, dan peraturan pemerintah no 19 tahun 2005,
kompetensi-kompetensi tersebut adalah kompetensi kepribadian, kompetensi
paedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.
Dasar rencana pemberlakuan
kurikulum 2013 pada jenjang sekolah dasar dapat dikaji pada Permendikbud nomor
160 tahun 2014 yang menyebutkan bahwa satuan pendidikan dasar dan
pendidikan menengah dapat melaksanakan Kurikulum Tahun 2006 paling lama sampai
dengan Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat diartikan bahwa kurikulum 2013
akan dilaksanakan atau diterapkan secara penuh dan menyeluruh disemua jenjang
pendidikan dasar di seluruh Indonesia pada tahun 2019.
d.
Dimensi/
Variabel Penelitian
Dimensi atau variabel yang menjadi fokus penelitiannya adalah sebagai
berikut :
1.
Sarana prasarana
di SDN Telempong
Pada
dimensi atau variabel ini akan membahas tentang keadaan sarana dan prasarana
yang ada di Sekolah Dasar Negeri Telempong Kecamatan Banyuglugur Kabupaten
Situbondo, dan akan diolah (dianalisa) apakah sarana dan pra sarana yang ada di
Sekolah Dasar Negeri Telempong dalam mendukung penerapan kurikulum 2013.
2.
Guru di SDN
Telempong
Sumber daya
manusia sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri
Telempong, dalam hal ini guru, akan diambil data terutama pada guru kelas 1
sampai kelas 6 dan dianalisis seberapa siap kompetensi yang telah dimiliki para
guru kelas 1 sampai kelas 6 di Sekolah Dasar Negeri Telempong dalam mendukung
dan mempengaruhi pelaksanaan kurikulum 2013.
3.
Kesiapan sarana
prasarana dan guru SDN Telempong
Berdasarkan
hasil analisa sementara yang bersumber dari sarana dan prasarana serta
kompetensi guru di Sekolah Dasar Negeri Telempong akan memberikan gambaran
tingkat kesiapan penerapan kurikulum 2013 pada tahun 2019 di Sekolah Dasar
Negeri Telempong itu sendiri.
4.
Pemberlakuan kurikulum
2013 secara menyeluruh pada tahun 2019
Standar
yang ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan
diperbandingkan hanya dengan tingkat kesiapan sarana prasarana dan guru yang
ada di Sekolah Dasar Negeri Telempong, walaupun sebenarnya tingkat kesiapan
penerapan kurikulum masih dipengaruhi oleh faktor-faktor pendidikan yang
lainnya.
e.
Pendekatan/
Metode Penelitian
Sesuai dengan rencana judul penelitian Kesiapan Sarana Prasarana dan
Guru di SDN Telempong Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo dalam
Menyongsong Penerapan Kurikulum 2013 pada Tahun 2019 dan mempertimbangkan
dimensi atau variabel yang telah saya sampaikan maka penelitian yang akan saya
laksanakan ini direncanakan menggunakan pendekatan/ metode penelitian
Kualitatif dengan pertimbangan sebagai berikut :
1.
Sifat penelitian
yang bersifat ganda, holistik, dinamis, dan merupakan konstruksi dari variabel
yang terdapat dari rencana penelitian. Hal ini tercermin dalam rencana
penelitian yang tidak hanya meneliti tingkat kesiapan bukan hanya dari satu
jenis pertimbangan saja, namun melebar pada dua jenis pembanding yaitu sarana
prasarana dan guru.
2.
Penelitian
difokuskan kepada pemerolehan makna berupa tingkat kesiapan sarana prasarana
dan guru terhadap rencana pemberlakuan kurikulum 2013 pada tahun 2019.
3.
Hasil penelitian
yang direncanakan memberikan masukan (timbal balik) kepada pihak lain
(pemerintah) dalam mempertimbangkan rencana pemberlakuan kurikulum 2013 pada
tahun 2019
4.
Data-data yang
diamati dalam rencana penelitian ini terbatas pada konteks waktu dan tempat yang
relatif sedikit namun menginginkan pemaknaan mendalam dalam proses penelitian
yang direncanakan.
5.
Peranan nilai
terbatas kepada interaksi peneliti dengan sumber data berupa keadaan sarana
prasarana dan guru pada lokasi penelitian
Sesuai dengan pendekatan/ metode Kualitatif yang direncanakan untuk
dipakai dalam rencana penelitian ini, tentunya memiliki kelebihan dan
kekurangan, diantaranya :
1.
Kelebihan
penggunaan pendekatan/ metode Kualitatif dalam rencana penelitian yang akan
dilaksanakan diantaranya adalah mengakomodasi penelitian yang memiliki sifat
umum, fleksibel, dan memungkinkan berkembang pada tahapan proses penelitian;
memungkinkan terjadinya pola hubungan antara sarana prasarana dan guru terhadap
rencana pemberlakuan kurikulum 2013 pada tahun 2019; dan dengan jumlah sampel
yang kecil namun mendalam dalam pengambilan data terhadap sampel yang sedikit
tersebut.
2.
Kekurangan
pendekatan/ metode Kualitatif dalam rencana penelitian diantaranya adalah tidak
dapat ditentukan perencanaan yang lengkap di awal penelitian karena
mengakomodasi kemungkinan pengembangan terkait penelitian yang terjadi pada
proses penelitian sehingga cenderung memakan waktu yang relatif lama; menuntut
peneliti dalam merespon kejadian pada proses penelitian baik yang sesuai dengan
rencana maupun yang hadir secara tiba-tiba; menuntut peneliti untuk masuk lebih
dalam pada variabel-variabel penelitian; serta tidak dapat merumuskan hipotesa
secara mantap dan terencana di awal karena kemungkinan hasil penelitian tidak
dapat diprediksi dari awal.
f.
Sumber
Informasi Penelitian
Sumber-sumber informasi dalam rencana penelitian yang akan dilaksanakan
terbagi pada dua (2) hal, yakni pengurus barang di SDN Telempong, dilanjutkan
peninjauan keadaan nyata sarana prasarana yang dimiliki oleh sekolah dan guru
kelas 1 sampai kelas 6 SDN Telempong. Kedua jenis data tersebut akan
menghasilkan tingkat kesiapan sekolah dalam menyongsong pemberlakuan kurikulum
2013 pada tahun 2019.
Pengurus barang dijadikan sumber informasi karena memiliki dan mengetahui
data-data sarana prasarana sekolah, pengambilan datanya bisa dilakukan dengan
wawancara dan dilanjutkan dengan pendataan secara nyata keadaan sarana
prasarana yang benar-benar ada dan tersedia di SDN Telempong.
Sumber data selanjutnya adalah guru kelas 1 sampai kelas 6, dalam bentuk
wawancara terkait persepsi mereka pada kurikulum 2013, secara lengkap didalami
mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan terkait siap
tidaknya kompetensi guru-guru tersebut dalam melaksanakan kurikulum 2013.
Konfirmasi atas wawancara yang dilakukan terhadap guru kelas 1 sampai kelas 6
dapat dikonfirmasi dengan melihat dokumen pembelajaran dan juga dengan
observasi dan wawancara kepada siswa terkait kinerja yang telah ditampilkan
oleh guru.
Belum ada Komentar untuk "CONTOH KERANGKA USULAN RENCANA KERJA PENELITIAN "
Posting Komentar